5 Jenis Makanan yang Aman untuk Penderita Maag –  Obat maag biasanya menjadi solusi pertama untuk slot bet 100 meredakan gejala yang mendadak kambuh. Ada satu hal lagi yang tidak kalah penting, yaitu selektif memilih asupan makanan dan minuman sehari-hari. Gejala maag kerap muncul dan kambuh akibat pilihan makanan yang tidak tepat, misalnya makanan pedas dan asam. Inilah mengapa penderita sakit maag biasanya dianjurkan untuk cermat dalam memilih makanan dan minuman yang mereka konsumsi sehari-hari.

Pepaya

Populer sebagai makanan pelancar buang air besar, tidak banyak yang tahu bahwa pepaya ternyata makanan yang baik untuk penderita sakit maag.Manfaat ini berasal dari enzim papain yang banyak ditemukan pada getah pepaya.Tubuh menggunakan enzim pepsin yang dihasilkan lambung untuk mencerna protein. Namun, enzim ini hanya aktif pada kondisi lambung yang asam.Bagi penderita GERD, kadar asam yang tinggi dapat merusak lapisan lambung dan kerongkongan.Enzim papain pada pepaya membantu melancarkan kerja sistem pencernaan dengan cara mempermudah proses pemecahan protein. Alhasil, proses pencernaan menjadi lebih singkat dan lambung tidak terlalu lama terpapar asam lambung.

Oatmeal

Oatmeal diyakini baik untuk mengurangi gejala gangguan pencernaan, terutama akibat naiknya asam lambung.Olahan yang berasal dari gandum ini ternyata mampu membantu menyerap kelebihan asam di dalam lambung. Oatmeal juga membantu melindungi lapisan lambung dari risiko iritasi akibat asam lambung yang meningkat.Menariknya, serat dalam oatmeal dapat melancarkan kerja usus, mengurangi risiko sembelit, dan memberikan rasa data macau kenyang lebih lama.Agar lebih nyaman untuk sistem pencernaan, sebaiknya hindari penggunaan krim kental ke dalam oatmeal.

Melon

Sama seperti pisang, melon juga termasuk makanan dengan sifat asam yang rendah sehingga baik untuk penderita penyakit lambung. Bahkan, melon sebenarnya memiliki sifat basa yang cukup tinggi berkat kandungan mineral berupa magnesium. Magnesium adalah salah satu bahan utama yang banyak ditemukan dalam antasida, yaitu salah satu obat maag tanpa resep yang menetralkan keasaman lambung, sehingga gejala berangsur membaik.

Pepaya

Populer sebagai makanan pelancar buang air besar, tidak banyak yang tahu bahwa pepaya ternyata makanan yang baik untuk penderita sakit maag. Manfaat ini berasal dari enzim papain yang banyak ditemukan pada getah pepaya.Tubuh menggunakan enzim pepsin yang dihasilkan lambung untuk mencerna protein. Namun, enzim ini hanya aktif pada kondisi lambung yang asam. Bagi penderita GERD, kadar asam yang tinggi dapat merusak lapisan lambung dan kerongkongan. Enzim papain pada pepaya membantu melancarkan kerja sistem pencernaan dengan cara mempermudah proses pemecahan protein. Alhasil, proses pencernaan menjadi lebih singkat dan lambung tidak terlalu lama terpapar asam lambung.

Seafood dan daging rendah lemak

Daging memang bisa memicu gejala maag apabila mengandung banyak minyak, baik dari cara pengolahannya maupun bagian lemak daging.Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena makanan ini tetap bisa dikonsumsi oleh penderita maag.Anda bisa mengonsumsi semua daging merah, daging ayam, dan seafood asalkan rendah lemak. Kandungan lemak yang rendah dalam makanan ini dapat membantu memulihkan berbagai keluhan yang muncul karena naiknya asam lambung.